Jumat, 23 Desember 2011

Menjadi Kaya

Yanfika.

Menjadi Kaya

Saat ini saya sedang mempelajari sebuah buku yang berjudul The Science of Getting Rich. Buku ini tulisan Wallace D. Wattles. Ini adalah salah buku yang menjadi inspirasi DVD The Secret yang sempat menghebohkan itu. Penulisnya mengklaim kalau kita mengikuti secara tepat apa yang diinstruksikan dalam buku ini, maka kita akan menjadi kaya dengan kepastian matematis.

Setidaknya ada 3 hal yang harus kita lakukan agar kita menjadi kaya menurut buku ini. Anda mau melakukanya? Terlepas apakah akan kaya atau tidak, ketiga hal ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi kita. Namun jika disebutkan akan kaya, saya yakin memang benar. Ketiga tindakan ini memang benar secara logika akan mengantarkan kita kepada hidup yang penuh dengan keberlimpahan.

Yang pertama adalah bersyukur. Dalam Al Quran disebutkan bahwa dengan bersyukur, Allah akan menambahkan nikmat kepada kita (Lihat QS Ibrahim ayat 7). Dalam buku ini juga sama halnya, dengan bersyukur akan mendekatkan kita dengan “Pemberi” dan selaras dengan alam. Syukur menjadikan kita menjadi penerima yang hebat, sehingga wajar kita akan menerima lebih banyak lagi. Sementara lawannya, kufur nikmat, kita menjadi penerima yang buruk, bahkan seolah-olah kita tidak suka dengan pemberian yang sudah kita terima. Maka wajar jika tidak menerima lagi.

Yang kedua ialah visualisasi apa yang kita inginkan. Banyak teori tentang manfaat visualisasi yang saya jelaskan pada ebook Beautiful Mind: Berpikir Positif Islami, namun dalam buku ini dijelaskan bahwa visualisasi adalah cara kita memberikan “cetakan” ke zat yang tidak berbentuk yang mengisi ruang semesta ini. Karena kita memberi cetakan, maka zat berbentuk ini akan membentuk suatu bentuk sesuai dengan cetakan yang diberikan, tentu melalui jalur-jalur yang lazim dalam kehidupan dunia.

Dan yang ketiga, do the best. Apa pun pekerjaan Anda. Apa pun bisnis Anda, lakukanlah yang terbaik. Jika Anda sudah berada pada bisnis yang tepat, maka Anda akan mendapatkan kekayaan melalui bisnis Anda. Jika Anda belum berada pada bisnis yang tepat, maka Anda akan diarahkan ke bisnis yang tepat. Anda tidak boleh hanya sekedar ada, tetapi Anda harus ada dengan melakukan yang terbaik.

Selain ketiga hal yang harus dilakukan tersebut, ada lagi prinsip-prinsip yang harus diterapkan dalam aspek hidup dan bisnis Anda. Prinsip-prinsip itu adalah

Bisnis bebas persaingan. Sebagai konsekuensi dari prinsip ilmu menjadi kaya yang mengatakan bahwa kekayaan itu melimpah, kita tidak perlu untuk bersaing. Kita tidak perlu merebut pasar orang lain sebab masih banyak sumber daya untuk kita. Rezeki begitu melimpah di bumi ini dan pasti akan mencukupi untuk semua manusia. Mengapa harus bersaing?
Peningkatan terus menerus. Ini suatu prinsip yang mengatakan bahwa kita harus selalu melakukan peningkatan secara terus menerus dalam menjalani bisnis. Kita harus selalu berusaha memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan Anda.
Inilah tiga tindakan dan dua prinsip yang akan membuat Anda kaya dalam kepastian matematis. Tentu saja ini baru dalam pandangan saya terhadap buku ini. Silahkan Anda baca sendiri untuk mendapatkan pandangan Anda sendiri. Selamat membaca mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar