Senin, 26 Desember 2011

Cara Menjadi Percaya Diri Dalam 5 Menit


Memperingati 52 tahun kiprahnya di dunia acting hari itu Nani Wijaya diundang oleh salah satu stasiun televisi untuk diwawancarai. Kemudian tokoh yang pepuler karena perannya sebagain emak dalam sitkom Bajaj Bajuri kedatangan lawan mainnya, seperti Rike Pitaloka dan Mat solar yang dalam sitkom tersebut berperan sebagai anak dan menantu. Gelak tawa dan canda mewarnai perbincangan mereka dengan host televisi tersebut. Bajuri dan oneng, bergantian memberikan kesan-kesan positif yang ada didalam diri Nani Wijaya, baik itu didalam maupun diluar tempat shooting.

Di sesi berikutnya seorang bintang tamu lagi dihadirkan untuk melengkapi perjalanan hidup Nani Wijaya, kali ini ada perbedaan kesan yang timbul dari kemunculan bintang tamu ini. Berbeda saat Bajuri dan Oneng muncul si emak tertawa gembira menyambut mereka, saat ini linangan air mata dan kebisuan mengiringi kedatangan sang bintang tamu.
Nova soraya yang menjadi bintang tamu menghadirkan sebuah memori sehingga memicu kesedihan dalam diri Nani Wijaya. Saat melihat Nova, Nani Wijaya teringat akan putrinya Sukma Ayu yang telah pergi meninggal ia untuk selamanya. Nova Soraya adalah sahabat dekat dari Sukma Ayu, yang merupakan teman sepermainan sejak usia 5 tahun. Kemudian Nova Soraya bercerita, ada beberapa waktu ia engan untuk main kerumah Nani Wijaya setelah kematian dari Sukma Ayu, hal ini disebabkan karena setiap kali melihat Nova, ibu Nani Wijaya langsung menangis. Betapa kuatnya sosok Nova sehingga kesan Nova = Ayu begitu melakat dalam diri Nani.

Dalam ilmu NLP hal ini disebut dengan Anchor atau Jangkar. Anchor adalah hal alamian yang biasa kita alami, selain contoh diatas, anda juga pasti atau sering mengalami kejadian seperti ini. Tolong amati didalam benak Anda apa yang muncul, saat saya menyebutkan kata : Gudang Garam ? pastilah merek sebuah rokok, bukan ? padahal kata gudang garam bisa dalam arti sebenarnya, yaknik gudang tempat menyimpan garam. Nah,kata-kata ini sengaja diciptakan dan “di masukan” kedalam pikiran anda sehingga begitu anda mendengar kata-kata ini maka secara ptomatis kata-kata ini akan menghubungkan Anda dengan merek sebuah rokok. Ini juga Anchor atau pemicu sebuah memori tertentu.

Hal yang sama juga berlaku saat Anda mencium bau parfume tertentu, maka secara langsung memori anda akan terbawa kepada seseorang yang sering memakai perfume tersebut, mungkin istri Anda, suami Anda, orang tua Anda atau yang paling bahaya adalah suami atau istri tetangga, he..he..he.

Begitulah definisi dari Anchor atau jangkar dimana Anchor atau jangkar ini menghubungkan seseorang dengan sebuah hal,emosi atau kejadian dimasa lalu, dimana saat Anchor tersebut terpicu baik sadar maupun tidak sadar, maka emosi, memori atau kejadian dimasa lalu akan muncul kembali secara otomatis sehingga suasanan hati orang tersebut akan mengikuti kondisi emosinya dimasa lalu.

Anchor bisa dimanfaatkan untuk menciptakan rasa berani, percaya diri dan sabar. Caranya adalah dengan membuat jangkar yang menghubungkan sebuah gerakan dengan memori berani, percaya diri atau sabar yang pernah dialami dimasa lalu. Dan saat jangkar tersebut dipicu maka memori percaya diri, berani dan sabar akan muncul dalam pikiran kita. Oleh karena, tubuh dan pikiran adalah satu, maka memori yang muncul itu akan direfreksikan oleh tubuh sehingga secara fisiologi tubuh kita akan memperagakan emosi tersebut.

Bayangkanlah suatu saat Anda membutuhkan kepercayaan diri saat akan presentasi dihadapan pimpinan atau prospek anda , kemudian hanya dengan sekali sentuh dalam 5 detik Anda akan langsung merasa percaya diri. Bayangkan juga saat anda memerlukan keberanian melangkah untuk membuat bisnis yang baru dan hanya dengan sekali “pencet” tombol berani anda, maka secara otomatis andapun menjadi percaya diri. Sangat membantu, bukan ? teknik ini. Seperti testimony dari salah satu peserta NLPPractitioner Certification :

Sore Pak Ongky, Anchoring simple tapi Dahsyat. Puji Tuhan saya bisa presentasi dengan baik dan dapat exclusive agent dari 2 manufacture di China. Thanks utk ilmunya – Hendy Setiawan.
Untuk membuat Anchor ada 3 element penting :

1. Unik – sebuah Anchor haruslah unik dan melibatkan gerakan serta suara.
Contohnya : untuk membuat Anchor berani – pertemuakan jari tengah tangan kanan dengan jari jempol tangan kanan serta sebutkan POWER.

Lengkapnya baca The Power Of Anchor dan Teknik Anchoring Untuk Umenjangkar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar