Senin, 05 Desember 2011

Sejarah singkat Yayasan

Berawal di Masjid Arif Rahman Hakim (ARH) Salemba yang merupakan pusat pertemuan aktivis kampus Universitas Indonesia Jakarta. Sekitar tahun 1980-an mahasiswa yang aktif di masjid ini memikirkan nasib masa depan bangsa dalam bidang pendidikan, yang masih jauh dari jangkauan akademis. Beberapa mahasiswa fakultas MIPA, Psikologi, dan fakultas lainnya bergabung untuk membantu mencerdaskan bangsa melalui pembinaan kepada adik kelas mereka yang masih duduk di SMA. Tahun 1981 - 1984 mereka melakukan pembinaan dalam bentuk menelaah dan melakukan pendalaman mata pelajaran dan Bimbingan Penyuluhan dari masjid ke masjid kepada para siswa kelas 3 di berbagai jurusan. Alhamdulillah, Sembilan puluh persen peserta yang sebagian besar pengurus Rohis di sekolah masing-masing diterima di perguruan tinggi negeri.

Tahun 1985 mereka meresmikan berdirinya Bimbingan Belajar Nurul Fikri (Bimbel NF) di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri Tahun 1992 para pendiri Yayasan Nurul Fikri ingin melanjutkan kiprah mereka dalam pendidikan formal berupa upaya pendirian sekolah alternatif yang mengimplementasikan nilai-nilai Islam. Dibentuklah Kelompok Kerja (pokja) untuk pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri. Sekitar setahun pokja melaksanakan tugasnya, akhirnya pada pertengahan Juli 1993 diresmikanlah SDIT Nurul Fikri yang berdomisli di Jalan Situ Indah No. 116 RT 06/X Kelurahan Tugu Kelapa Dua Cimanggis. Bersamaan dengan pendirian SDIT Nurul Fikri, Yayasan mendirikan Taman al-Qur'an Nurul Fikri. Pada awal berdirinya SDIT Nurul Fikri membuka pendaftaran dari kelas 1 sampai dengan kelas IV. Kiprah Yayasan dilanjutkan pada Juli 1996 dengan membuka SLTP Islam Terpadu Nurul Fikri. Pembukaan SLTPIT Nurul Fikri ini merupakan bentuk integrasi kelanjutan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Selanjutnya, Juli 1999 didirikan SMU Islam Terpadu Nurul Fikri. Bersamaan dengan SMUIT Nurul Fikri ini, dibuka pula SLTP Islam Terpadu Nurul Fikri Boarding School di Serang Banten (Anyer).

Pada Januari 2001 dilakukan perubahan akta Yayasan Nurul Fikri. Yayasan Nurul Fikri menjadi Yayasan yang mengelola pendidikan formal di Kelapa Dua Kecamatan Cimanggis Kota Depok yakni unit TQ, SDIT, SLTPIT, SMUIT dan unit pendukungnya. Sementara untuk mengelola SLTPIT Nurul Fikri Boarding Schoo didirikan Yayasan Pesantren Nurul Fikri.

Pada Maret 2002 kembali dilakukan perubahan akte Yayasan Nurul Fikri -kaitan dengan perubahan pengurus yayasan. Yayasan pun berubah nama njadi Yayasan Pendidikan Nurul Fikri. Selanjutnya unit Yayasan Pendidikan Nurul Fikri bertambah lagi dengan berdirinya Pendidikan Guru Taman Kanak¬iak Islam (PGTKI) Nurul Fikri pada 24 Juni 2002 hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar